oleh

Wajib Tahu, Ini 10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

-Berita-68 views

PUBLIKASINEWS – Futsal, salah satu olahraga yang digemari kaum adam dibandingkan harus bermain sepak bola di lapangan sesungguhnya. Salah satu alasannya adalah perbedaan futsal dan sepak bolayang begitu kentara secara kompleksitas perlengkapannya. Tidak heran jika hingga kini olahraga indoor yang satu ini semakin populer dan diminati. Meskipun terlihat sama ternyata cukup banyak, lho perbedaan dari futsal dan juga sepak bola.

Bagi Anda yang belum tahu, wajib menyimak rangkuman berikut ini untuk mengetahui fakta-fakta perbedaan dari keduanya.

10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, futsal adalah permainan sepak bola dalam ruangan dengan ukuran lapangan juga gawang lebih kecil dari permainan sepak bola. Sementara itu, sepak bola sendiri memiliki pengertian sebagai permainan bola yang melibatkan dua tim dengan jumlah anggota masing-masing sebanyak 11 orang. Permainan sepak bola dilakukan selama dua kali 45 menit dalam dua babak. Pemenang ditentukan dari selisih jumlah gol yang dicetak.

Untuk perbedaan futsal dan sepak bolayang lebih spesifik lagi antara lain yaitu:

1. Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan futsal dan sepak bola memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jika lapangan futsal umumnya memiliki panjang 38 sampai dengan 42 meter dan lebar antara 18 sampai 25 meter, lapangan sepak bola bisa 2-3 kali lipat besarnya.

Ukuran panjang lapangan sepak bola mencapai 90 hingga 120 meter. Untuk lebarnya sekitar 45 sampai 90 meter. Sangat mencolok bukan perbedaannya. Terlebih lapangan futsal berkonsep indoor, sedangkan lapangan sepak bola yang begitu luas tentu saja outdoor.

2. Jumlah Pemain

Perbedaan kedua yaitu jumlah pemain dari masing-masing tim sepak bola dan juga futsal. Jumlah pemain dalam satu tim di sepak bola adalah 11 orang sudah termasuk kiper. Sementara itu, jumlah pemain futsal adalah 5 orang termasuk dengan penjaga gawang.

3. Jumlah Wasit Utama

Pada pertandingan sepak bola, Anda hanya akan menemukan satu wasit utama dibantu dua asisten wasit. Area tugas wasit utama adalah sisi kanan gawang sebelah utara ke sisi kanan gawang sebelah selatan.

Sementara di futsal, kedua wasit utama bertugas di tepi lapangan sisi timur dan juga barat. Baik futsal maupun sepak bola memiliki satu orang wasit cadangan. Ketika di sepak bola mempunyai VAR, futsal memiliki video support dan semuanya di bawah operasi tim wasit.

4. Lama Permainan

Sepak bola dimainkan dalam dua babak dengan total waktu 90 menit. Sementara futsal dimainkan dalam dua babak selama 20 menit untuk tiap babak.

5. Ukuran Bola

Perbedaan lainnya terletak pada ukuran bola yang dipakai dalam pertandingan. Ukuran bola futsal memiliki lingkaran sekitar 63,5 sampai 66 cm dan berat maksimum 390 gram. Untuk bola pada sepak bola, maksimum seberat 450 gram dengan ukuran lingkaran antara 68 sampai 70 cm.

6. Bola Keluar

Menurut aturan permainan sepak bola, ketika bola keluar dari lapangan maka pemain harus melakukan lemparan ke dalam. Sementara aturan di futsal, ketika bola keluar maka pemain harus melakukan tendangan ke dalam dari sisi garis tepi lapangan.

7. Time Out

Tidak ada time out pada pertandingan sepak bola. Namun seiring perkembangannya, terdapat opsi water break dengan catatan cuaca yang memang begitu terik. Sementara dalam permainan futsal, masing-masing tim memiliki kesempatan time out sebanyak satu kali pada tiap babak. Artinya ada dua kali kesempatan pada total satu pertandingan.

8. Total Pelanggaran

Tidak ada batasan jumlah pelanggaran pada permainan sepak bola. Jadi jangan kaget jika Anda menemukan puluhan pelanggaran oleh satu tim dalam pertandingan sepak bola.

Namun sebaliknya, terdapat aturan jelas terkait jumlah pelanggaran di futsal. Ketika satu tim melakukan 6x pelanggaran di tiap babak, maka wasit akan memberikan penalti dari titik ke dua atau tendangan bebas langsung.

Saat itu pemain harus menembak bola langsung ke arah gawang dan kiper boleh maju sampai dengan bola ditendang.

9. Restart Pertandingan

Restart pada futsal yaitu saat tendangan ke dalam usai bola keluar dan ketika kiper menguasai bola setelah off play.

Pada detik ke empat, kiper sudah harus melepas bola usai menangkapnya. Tendangan ke dalam usai bola keluar juga harus dilakukan dengan cepat. Sementara pada sepak bola, restart yaitu ketika melakukan lemparan ke dalam usai bola keluar dan usai kiper menguasai bola. Kiper harus segera menggulirkan bola yang ditangkapnya tidak lebih dari 6 detik lamanya.

10. Pergantian Pemain

Pergantian pemain di futsal tidak terbatas, bahkan bisa dilakukan secara bersamaan. Pemain yang sudah keluar atau diganti pun bisa masuk lagi. Berbeda dengan sepak bola yang membatasi pergantian pemain sebanyak tiga kali dan bertambah menjadi lima kali saat masa pandemi. Pemain yang sebelumnya sudah diganti pun tidak boleh masuk dan ikut bermain lagi.

Itulah perbedaan futsal dan sepak bolayang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Bisa disimpulkan jika futsal lebih fleksibel dan juga simple dibandingkan dengan sepak bola. Meskipun begitu, Anda harus tetap mengutamakan keamanan juga kenyamanan saat bermain futsal untuk menghindari cidera.

Salah satunya yaitu dengan mengenakan sepatu futsal yang berkualitas dan nyaman. Dapatkan hanya di Blibli toko online terlengkap, terpercaya dan mengutamakan kepuasan pelanggannya. Di Blibli Anda bisa mendapatkan banyak pilihan produk sepatu khusus futsal yang terjamin kualitasnya serta terjangkau harganya. Nikmati berbagai promo menarik dan layanan terbaik dari Blibli yang tidak akan Anda dapatkan di toko online lainnya.

Komentar

News Feed