oleh

Jaga Kamtibmas dan Peduli Kebencanaan, Terus digalakkan SENKOM DKI Jakarta

Jakarta, PublikasiNews.Com – KEBERADAAN Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri DKI Jakarta maupun skala Nasional khususnya, peran serta Senkom dalam pengamaman hari-hari besar keagamaan dan tahun baru, Operasi Lilin Jaya kemarin Senkom di seluruh wilayah Indonesia dilibatkan oleh Polri pada operasi Nataru tersebut. Dimulai melalui dengan rapat-rapat, apel siaga Operasi Lilin Jaya di tingkat Polda maupun Polres di seluruh wilayah Indonesia.

Sekretaris SENKOM Mitra Polri Provinsi DKI Jakarta, M. Rusdi (kedua dari kiri) dalam suatu kesempatan bersama jajaran TNI/Polri saat kegiatan pengamanan pergantian tahun baru 2020 serta kesiagaan antisipasi bencana banjir. Sinergitas terus ditingkatkan Senkom Mitra Polri demi terciptanya kenyamanan masyarakat dan kondusifitas wilayah.dok-istimewa

Demikian yang dikatakan Untung Maulana, selaku Ketua Senkom Provinsi DKI Jakarta melalui sambungan via telepon menyampaikan beberapa hal penting dalam wawancara terkait dalam rangka pergantian tahun yang dikatakannya pada, Jum’at (3/1/2020) pagi.

Dalam kesempatan ini, Untung juga mengungkapkan bahwa dengan keterlibatan anggota Senkom di beberapa titik-titik lokasi rawan terjadi konflik. “Disekitaran tempat ibadah, tempat-tempat keramaian, lokasi wisata ataupun hiburan, terminal bus, stasiun kereta api dan bandara, juga pada tahun baru ini saudara-saudara kita umat Nasrani yang merayakan Natal dan tahun baru berbarengan dengan liburan sekolah banyak aktifitas warga di tempat-tempat umum keramaian, hiburan, dan sebagainya, disana Senkom siaga membantu Polri dalam hal pemantauan serta pengamanan Kamtibmas,” tuturnya.

Kawasan lokasi wisata tempat hiburan seperti di Taman Impian Jaya Ancol, lanjut Untung, tak luput selama 10 hari penuh Senkom telah bertugas disana membantu pengamanan. “Selain juga pada tingkat Polres dan Polsek serta membantu polisi dari sisi komunikasi menggunakan alat canggih yang dimiliki SENKOM Mitra Polri juga sesekali membantu patroli,” ujar Untung Maulana.

Masih kata Untung, bahwa khusus untuk pemantauan hari Natal dan Tahun Baru ini di National Traffic Management Centre (NTMC Polri)Senkom juga di beri slot sarana pemantauan. “Di NTMC Polri tersebut Senkom juga dapat menerima laporan-laporan dari kawan-kawan Senkom di seluruh Indonesia, dan dilanjutkan untuk di laporkan kepada Mabes Polri untuk menjadi bahan laporannya,” ungkap Untung Maulana.

SENKOM Mitra Polri adalah sekelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan sekitarnya atau dimana saja saat berada, serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa dilingkungan masing-masing, sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Ketika lakukan komunikasi 2 arah bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz, Ketua SENKOM Mitra Polri Provinsi DKI Jakarta, Untung Maulana (kiri) sinergitas dan koordinasi terintegrasi terus dijalin Senkom Mitra Polri diseluruh wilayah Indonesia.dok-istimewa

SENKOM Mitra Polri beranggotakan masyarakat umum siap menjalin komunikasi dengan jajaran kepolisian daerah di tingkat Polsek, Polres maupun Polda, dalam upaya menjaga Kamtibmas di masyarakat yang bertujuan demi terciptanya kenyamanan dan kondusifitas wilayah.

Di Jakarta sendiri yang merupakan pusatnya, Senkom peran-nya sangat berarti, termasuk ikutnya Senkom dalam membantu pengamanan oleh TNI/Polri dalam Operasi Lilin Jaya saat moment Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Selain itu, Ketua Senkom Mitra Polri Provinsi DKI Jakarta ini juga menjelaskan untuk di DKI Jakarta khususnya karena sebagai Ibukota Negara, Senkom terlibat aktif dalam hal perbantuan pengamanan support di semua wilayah DKI baik di Polres maupun beberapa tempat lokasi wisata dan tempat ibadah.

Saat hujan dengan intensitas tinggi dan lama yang menguyur Jakarta dan wilayah sekitarnya telah mengakibatkan banjir dibeberapa titik berdampak. Tentunya dengan sigap SENKOM Mitra Polri terjun langsung demi melakukan evakuasi warga yang terjebak bencana banjir tersebut.dok-istimewa

“Kemudian mengenai peristiwa banjir yang terjadi pada tahun baru, SENKOM Mitra Polri tanpa komando dengan sendirinya sudah tentu bergerak, karena Senkom juga memilki relawan pada bidang kebencanaan,” pungkas untung.

Sementara itu, M.Rusdi yang memimpin langsung bantuan Keamananan di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, telah menyampaikan bahwa Senkom selain kamtibmas juga ada di bidang kebencanaan. Apalagi pada bulan Januari ini yang memang rawan hujan lebat dan banjir,” ulasnya.

Menurutnya, dalam setiap menghadapi kebencanaan, seperti bencana banjir, tanah longsor dan hujan lebat yang disertai angin kencang (puting beliung), anggota Senkom Mitra Polri yang terdekat dengan lokasi kejadian itu langsung mengkomunikasikannya dengan instansi terkait. Di antaranya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selain juga berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat.

M. Rusdi, Sekretaris SENKOM Mitra Polri Provinsi DKI Jakarta saat bersama Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto ketika lakukan pemantauan bencana banjir di wilayah Jakarta Utara.dok-istimewa

“Selama ini, Senkom Mitra Polri koordinasi dengan BPBD dalam setiap mengahdapi kebencanaan. Yang jelas, kita selalu siaga dan siap siaga dalam setiap kesempatan. Kita pun selalu siaga dengan radio jaringan komunikasi, yang sudah disiapkan untuk menjalin koordinasi,” ujar Rusdi.

M. Rusdi juga memaparkan bahwa Senkom Mitra Polri yang didirikan sudah cukup lama ini, katanya, fokusnya sebenarnya pada kegiatan sosial kemasyarakatan. “Akan tetapi, dalam kiprahnya di lapangan kami lebih fokus pada bidang komunikasi dalam membantu pihak-pihak terkait masyarakat luas. Contohnya, dalam kebencanaan dengan ruang lingkup nasional tadi, bisa turut serta membantu dalam komunikasi, seperti disaat ada kejadian banjir, kita membantu BPBD dalam upaya memfasilitasi kebutuhan komunikasi. Termasuk membantu jajaran Polres dalam berbagai kegiatan,” tandasnya.[]Jark

Komentar

News Feed